Senin, 14 Oktober 2013

Materi Pengembangan Kurikulum

Materi Pengembangan Kurikulum

Konsep dasar kurikulum
Pengertian kurikulum
Pengembangan
Asas-asas kurikulum
Kedudukan dan fungsi kurikulum
Komponen dan struktur kurikulum
Model-model pengembangan kurikulum
Pengembangan dan inofasi kurikulum
Peran guru dalam implementasi kurikulum
Kurikulum 2013 (latar belakang penataan ulang kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, permasalahankurikulum 2006, perubahan utama kurikulum, kerangka dasar kurikulum 2013),
(karakteristik kurikulum 2013, kompetensi dalam kur 2013, proses pembelajaran, Struktur kurikulum 2013, Implementasi pembelajaran dan nilai kurikulum 2013)
Evaluasi kurikulum

Pengertian Kurikulum
Pengertian kurikulum menurut bahasa curere artinya berpacu, curerier ; pelari. Dalam bahasa inggris race of course; jarak yang ditempuh. Berikutnya munculnya istilah kurikulum, artinya jarak yang harus ditempuh pelari.
Sedangkan menurut istilah terbagi menjadi beberapa pengertian
Menurut teori tradisional,
Kurikulum yaitu Rencana pelajaran di sekolah.
Pengembangan teori tradisional
Kurikulum adalah Progam yang dirancang tentang bahan pelajaran untuk kelas tertentu
Menurut MC Donald,
Kurikulum adalah rencana kegiatan pengajaran
Menurut Beauchamp
Kurikulum adalah dokumen tertulis yang memuat rencana untuk peserta didik di sekolah
Menurut Hilda taba
Kurikulum adalah rencana untuk membelajarkan peserta didik “the plan for learning”.
Krug
Kurikulum adalah semua kegiatan, atau pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik dibawah pimpinan sekolah
Johnson
Kurikulum adalah intended learning outcomes ; kurikulum adalah hasil belajar yang di inginkan.
UU Pendidikan
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Dalam pengertian sempit, kurikulum adalah mata pelajaran, maka tujuannya peserta didik diharuskan mampu menguasai mata pelajaran. Dalam arti luas,kurikulum adalah semua kegiatan dan pengalaman belajar di sekolah, yaitu semua informasi yang mampu menambah daya berfikir dalam pendidikan. Secara ringkas, kurikulum ada 3 jenis;
Kurikulum formal, yang memuat tujuan, setrategi,bahan, dan evaluasi
Kurikulum tidak formal/ekstra kulikuler
Kurikulum tersembunyi, misalnya fiqih bab mencuri,..”maka jangan mencuri karena berat hukumanya, dan merugikan orang lain”.  Menyisipkan pelajaran akhlak terhadap pelajaran fiqih.
Ruanglingkup kurikulum
Ruang lingkup kurikulum adalah area, atau batasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kurikulum
Perecanaan kurikulum
Perencanaan kurikulum menyangkut nara sumber, tim, apa yang dibahas, pengujian baik uji publik (di uji ke masyarakat umum), uji petik (hanya satu atau beberapa sekolah yang di uji),
Implementasi kurikulum, yaitu melaksanakan kurikulum yang telah direncanakan sebelumnya.
Administrasi kurikulum, yaitu kegiatan merencanakan, memanagemen, mengelola, dan melaksanakan administrasi. Administrasi dikatakan pula sebagai upaya mendomentasikan kurikulum.
Supervisi kurikulum, dalam pendidikan disebut juga sebagai pengawas.
Evaluasi kurikulum, yaitu dilakukan selama 1 tahun.
Perbaikan kurikulum
Asas-asas kurikulum
Asas kurikulum diibaratkan sebagai pondasi, ada 4;
Flosofis, yaitu berkaitan dengan falsafah hidup, berfikir mendalam, rasional dan radikal tentang kurikulum agar mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berfikir filosofis dalam kurikulum bertujuan untuk mencari nilai.
Sosiologis, yaitu memperhatikan kebutuhan masyarakat.
Psikologis, yaitu yang berkenaan dengan masalah kejiwaan. Secara kodrati manusia mempunyai potensi yang berbeda. Maka kurikulum harus memperhatikan segi psikologis, yaitu memperhatikan perkembangan potensi yang dimiliki anak didik.
Perkembangan IPTEK, yaitu menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang uptodate.
Ada pula yang menyebutkan ada asas Organisasoris. setiap mengemplikasi kurikulum kurikulum secara otomatis akan menciptakan suatu organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...