Selasa, 09 April 2013

Identifikasi Komponen Manajemen dari Hasil Kunjungan Sekolah




No.
Komponen
Pendapat/Komentar
1
Pengelolaan Kurikulum  dan Pembelajaran
       Setiap guru perlu mempunyai dokumen standar isi, SKL
       Silabus dan RPP yang saat ini masih dibuat di level kecamatan/gugus hendaknya sesegera mungkin dibuat oleh masing-masing guru.
       Pembelajaran tematik yang saat ini belum optimal (< 50%) sesegera mungkin dioptimalkan
       Target pada Resntra (RKS) 2008 – 2010 terlalu tinggi sehingga sulit tercapai 100%. Contoh target 2010 KKM 7,5 saat ini baru 6,5.
       Perlu segera menyusun dokumen 1 dan 2 KTSP atau memperbaharui setiap tahunnya.
2
Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
       Anggaran Pengembangan profesi (dalam RAKS) hendaknya digunakan sesuai semestinya.
       Guru dan KS perlu didorong untuk segera memenuhi kualifikasi akademik S1/D4
       Penilaian Kinerja Kepala sekolah perlu dilakukan tiap tahun
3
Pengelolaan sarana dan Prasarana
       Perlu melengkapi prasarana sesuai standar nasional, misalnya tempat ibadah, ruang UKS, gudang, dll.
       Jumlah siswa paling banyak 28 siswa setiap rombel
4
Pengelolaan Kesiswaan
-
5
Organisasi Sekolah
       Struktur organisasi perlu dilengkapi dengan uraian tugas masing-masing dan dijalankan sesuai mekanisme yang berlaku.
       Setiap Pendidik/Tenaga kependidikan perlu memahami 8 SNP
6
Visi dan Misi Sekolah
Ada visi dan misi tetapi kurang berfungsi sebagaimana mestinya
7
Tujuan Sekolah
Perlu merumuskan tujuan sekolah, disosialisasikan, dan dijadikan pedoman mengambil kebijakan (misal dasar menyusun KTSP)
8
Rencana Kerja Sekolah
       Proses Penyusunan RKS hendaknya mengikuti pedoman yang berlaku dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait.
       Perlu ada penilaian periodik keterlaksanaan RKS sebagai early-warning
       Sasaran/target perlu lebih realistis
9
Penyusunan RKAS dan Pengelolaan Keuangan
       Penyusunan RKAS tidak sepenuhnya didasarkan RKS
       Pengelolaan Keuangan belum terpadu
       Pada umumnya hanya yang bersumber BOS yang pajangkan
10
Budaya dan Lingkungan Sekolah
       Perlu penataan lingkungan yang memperhatikan segi: keindahan, keamanan, kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan
       Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar perlu ditingkatkan
11
Pengelolaan PSM
       Belum banyak menggali potensi keterlibatan dudi dan unsur masyarakat lainnya.

Instrumen
  1. Perlu ada rubrik untuk masing-masing indikator/pernyataan
  2. Perlu ada pertanyaan terbuka untuk menggali proses mencapai keberhasilan dari masing-masing komponen/sub komponen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...