No.
|
Komponen
|
Pendapat/Komentar
|
1
|
Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran
|
•
Setiap guru
perlu mempunyai dokumen standar isi, SKL
•
Silabus dan
RPP yang saat ini masih dibuat di level kecamatan/gugus hendaknya sesegera
mungkin dibuat oleh masing-masing guru.
•
Pembelajaran
tematik yang saat ini belum optimal (< 50%) sesegera mungkin dioptimalkan
•
Target pada
Resntra (RKS) 2008 – 2010 terlalu tinggi sehingga sulit tercapai 100%. Contoh
target 2010 KKM 7,5 saat ini baru 6,5.
•
Perlu
segera menyusun dokumen 1 dan 2 KTSP atau memperbaharui setiap tahunnya.
|
2
|
Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
•
Anggaran
Pengembangan profesi (dalam RAKS) hendaknya digunakan sesuai semestinya.
•
Guru dan KS
perlu didorong untuk segera memenuhi kualifikasi akademik S1/D4
•
Penilaian
Kinerja Kepala sekolah perlu dilakukan tiap tahun
|
3
|
Pengelolaan sarana dan Prasarana
|
•
Perlu
melengkapi prasarana sesuai standar nasional, misalnya tempat ibadah, ruang
UKS, gudang, dll.
•
Jumlah
siswa paling banyak 28 siswa setiap rombel
|
4
|
Pengelolaan Kesiswaan
|
-
|
5
|
Organisasi Sekolah
|
•
Struktur
organisasi perlu dilengkapi dengan uraian tugas masing-masing dan dijalankan
sesuai mekanisme yang berlaku.
•
Setiap
Pendidik/Tenaga kependidikan perlu memahami 8 SNP
|
6
|
Visi dan Misi Sekolah
|
Ada visi dan misi tetapi kurang berfungsi
sebagaimana mestinya
|
7
|
Tujuan Sekolah
|
Perlu merumuskan tujuan sekolah,
disosialisasikan, dan dijadikan pedoman mengambil kebijakan (misal dasar
menyusun KTSP)
|
8
|
Rencana Kerja Sekolah
|
•
Proses
Penyusunan RKS hendaknya mengikuti pedoman yang berlaku dengan melibatkan
pihak-pihak yang terkait.
•
Perlu ada
penilaian periodik keterlaksanaan RKS sebagai early-warning
•
Sasaran/target
perlu lebih realistis
|
9
|
Penyusunan RKAS dan Pengelolaan Keuangan
|
•
Penyusunan
RKAS tidak sepenuhnya didasarkan RKS
•
Pengelolaan
Keuangan belum terpadu
•
Pada
umumnya hanya yang bersumber BOS yang pajangkan
|
10
|
Budaya dan Lingkungan Sekolah
|
•
Perlu
penataan lingkungan yang memperhatikan segi: keindahan, keamanan, kesehatan,
kebersihan, dan kenyamanan
•
Pemanfaatan
lingkungan sebagai sumber belajar perlu ditingkatkan
|
11
|
Pengelolaan PSM
|
•
Belum
banyak menggali potensi keterlibatan dudi dan unsur masyarakat lainnya.
|
Instrumen
- Perlu ada rubrik untuk masing-masing indikator/pernyataan
- Perlu ada pertanyaan terbuka untuk menggali proses mencapai keberhasilan dari masing-masing komponen/sub komponen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar