Media merupakan alat untuk
menyampaikan informasi atau pesan dari suatu tempat ke tempat lain. Media
pembelajaran yang memuat informasi yang dapat berupa pengetahuan maupun menjadi
sarana bagi pebelajar.
Segi kemunculannya,sumber
belajar dapat dibedakan mnjadi 2;
- Sumber belajar yang sengaja dirancang atau
dibuat secara khusus untuk pembelajaran, contoh; buku,
- Sumber belajar yang tidak dirancang atau
dibuat secara khusus untuk pembelajaran, contoh; alam sekitar
ICT atau TIK mencakup semua
teknologi,
- Tegnologi komputer, maupun hardware, baik
software pendukungnya. Di dalamnya termasuk prosesor (pengolah data) media
penyimpanan data/informasi (hard disk, CD, DVD, flash dick), alat perekam (CD
Writer, DVD)
- Tegnologi multimedia, seperti kamera
digital, kamera vidio, player vidio, player suara, dll
- Tegnologi telekomunikasi, telepon, HP,
faksimail
- Tegnologi jaringan komputer, baik perangkat
keras (LAN, internet, WIFI), maupun perangkat lunak pendukungnya (aplikasi
jaringan) seperti Web, e-mail, HTML, Java, PHP, aplikasi basis data.
Slain fungsinya sebagai alat
bantu pemecahan masalah manusia, ICT juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung
proses pembelajaran yang dipercaya dapat (Elang Krisnadi, 2009);
- Meningkatkan kualitas pembelajaran
- Memperluas akses terhadap pendidikan dan
pembelajaran
- Mengurangi biaya pendidikan
- Menjawab keharusan berpartisipasi dalam
ICT, dan
- Mengembangkan keterampilan ICT (ICT Skill) yang diperlkan siswa ketika
bekerja dan dalam kehidupan nanti.
Strategi pemanfaatan ICT didalam pembelajaran
- Sebagai alat bantu pembelajaran
- Sarana/ temmpat belajar,
- Sumber belajar
- Sarana peningkatan profesionalisme
Tidak ada komentar:
Posting Komentar