KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
( Konsep, Tipe dan Gaya Kepemimpinan di Sekolah )
( Konsep, Tipe dan Gaya Kepemimpinan di Sekolah )
Kepemimpinan
merupakan suatu kemampuan dan kesiapan seseorang untuk mempengaruhi,
membimbing, mengarahkan,dan atau menggerakkan orang-orang lain agar mereka mau
bekerja dalam rangka mencapai tujuan bersama.
Kepemimpinan kepala sekolah adalah usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi,
mendorong, membimbing, mengerahkan dan menggerakkan staf sekolah agar dapat
bekerja secara efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Proses kepemimpinan
dapat muncul kapan dan di mana pun apabila ada unsur-unsur :
1. Orang yang memimpin
2. Orang-orang yang dipimpin
3. Kegiatan atau tindakan penggerakan untuk mencapai tujuan
4. Tujuan yang ingin dicapai bersama
Tujuan
Kepemimpinan Kepala Sekolah :
Agar segenap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dapat
mencapai tujuan pendidikan – pembelajaran secara efektif dan efisien.
Fungsi
Kepemimpinan Kepala Sekolah :
1.
Membantu
guru-guru memahami, memilih dan merumuskan tujuan
pembelajaran yag akan dicapai.
2.
Menggerakkan
guru-guru, karyawan, peserta didik dan anggota masyarakat untuk menyukseskan program-program pend di
sekolah.
3.
Menciptakan
sekolah, sebagai suatu lingkungan kerja yang harmonis, dinamis, sehat dan nyaman, sehingga
segenap anggota dapat bekerja dg penuh produktivitas dan memperoleh kepuasan
kerja.
TIPE DASAR KEPEMIMPINANSecara teoritis tipe kepemimpinan
terdiri :
1.
Kepemimpinan
Otoriter ( semuanya serba bergantung kepada pemimpin )
2.
Kepemimpinan Laisezz-Faire
(semuanya bergantung bawahan/masa bodoh)
3.
Kepemimpinan
Demokratis ( kerjasama pemimpin dan bawahan )
4. Kepemimpinan Pseudo-Demokratis ( tampaknya
demokratis,tetapi otoriter )
PERANAN KEPALA SEKOLAHStatesperson ( ahli kenegaraan );
kepala sekolah merumuskan visi-misi dan tujuan pendidikan berdasarkan
Pancasila, UUD 1945, dan peraturan /perundangan yang berlaku :
1.
Educational Leader ( pemimpin pendidikan ); kepala
sekolah mengarahkan warga sekolah terhadap tujuan pendidikan
2.
Supervisor Leader ( pembina staf ) ; kepala sekolah
membantu guru-guru agar memahami tujuan pendidikan dan usaha-usaha
pencapaiannya
3.
Organizatonal Leader ( pemimpin Organisasi ) ; kepala
sekolah menciptakan iklim organisasi sekolah yang kondusif bagi sekolah
4.
Administrative Leader ( pemimpin administrasi ) ; kepala
seklah membina administrasi sekolah guna mendukung kelancaran kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar