Senin, 18 November 2019

Media semai

Apakah sama antara media tanam dengan media semai?

Media tanam biasanya kita membuat 1:1:1 tanah, kompos/pukan, dan sekam. Fungsi utama tanah agar tanaman tegak berdiri, pupuk sebagai nutrisi, sedangkan sekam agar tanah tidak padat sehingga tidak membuat air tidak menggenang. Selain fungsi utama tersebut, sebenarnya masih banyak fungsi lainya.

Namun persolannya media tanam yang kita gunakan terkadang tidak bagus untuk semai. Begitu pula sebaliknya. Nah... Apa persoalannya?
Benih baru lebih menyukai tekstur tanah yang halus dan lembut, sebab adanya media yang keras dan kasar akan menghambat pertumbuhan benih baru.

Media semai harus lebih lembut, dalam hal ini kita bisa menggunakan tanah yang sudah diayak. Sama halnya seperti tanaman pada umumnya, benih pun membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya, jadi dibutuhkan pula kompos/pupuk kandang. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah:
- tanah halus/tanah yang sudah diayak, dan
- pupuk kandang

Sebenarnya media tanam bisa kita gunakan untuk semai, namun untuk menuai hasil yng maksimal, sebaiknya lebih memperhatikan tekstur media agar mendapatkan hasil semai yang benar-benar bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...