Selasa, 09 April 2013

Kepemimpinan Pendidikan



KEPEMIMPINAN  PENDIDIKAN
( Konsep, Tipe dan Gaya Kepemimpinan di Sekolah )
Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan dan kesiapan seseorang untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan,dan atau menggerakkan orang-orang lain agar mereka mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan bersama.
Kepemimpinan kepala sekolah adalah usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengerahkan dan menggerakkan staf sekolah agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Proses kepemimpinan dapat muncul kapan dan di mana pun apabila ada unsur-unsur :
1. Orang yang memimpin
2. Orang-orang yang dipimpin
3. Kegiatan atau tindakan penggerakan untuk    mencapai tujuan
4. Tujuan yang ingin dicapai bersama

Tujuan Kepemimpinan Kepala Sekolah :
Agar segenap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dapat mencapai tujuan pendidikan – pembelajaran secara efektif dan efisien.

Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah :
1.      Membantu guru-guru memahami, memilih dan merumuskan tujuan
    pembelajaran yag akan dicapai.
2.      Menggerakkan guru-guru, karyawan, peserta didik dan anggota            masyarakat  untuk menyukseskan program-program pend di sekolah.
3.      Menciptakan sekolah, sebagai suatu lingkungan kerja yang harmonis,        dinamis, sehat dan nyaman, sehingga segenap anggota dapat bekerja dg penuh produktivitas dan memperoleh kepuasan kerja.

TIPE DASAR KEPEMIMPINANSecara teoritis tipe kepemimpinan terdiri :
1.        Kepemimpinan Otoriter ( semuanya serba bergantung kepada pemimpin )
2.        Kepemimpinan Laisezz-Faire (semuanya bergantung bawahan/masa bodoh)
3.        Kepemimpinan Demokratis ( kerjasama pemimpin dan bawahan )
4.      Kepemimpinan Pseudo-Demokratis ( tampaknya demokratis,tetapi otoriter )

PERANAN KEPALA SEKOLAHStatesperson ( ahli kenegaraan ); kepala sekolah merumuskan visi-misi dan tujuan pendidikan berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan peraturan /perundangan yang berlaku :
1.      Educational Leader ( pemimpin pendidikan ); kepala sekolah mengarahkan warga sekolah terhadap tujuan pendidikan
2.      Supervisor Leader ( pembina staf ) ; kepala sekolah membantu guru-guru agar memahami tujuan pendidikan dan usaha-usaha pencapaiannya
3.      Organizatonal Leader ( pemimpin Organisasi ) ; kepala sekolah menciptakan iklim organisasi sekolah yang kondusif bagi sekolah
4.      Administrative Leader ( pemimpin administrasi ) ; kepala seklah membina administrasi sekolah guna mendukung kelancaran kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...