Selasa, 06 November 2018

Cara Menanam Kecipir dalam Pot atau Polybag

Kecipir dapat ditanam baik di ladang maupun di pekarangan rumah seperti pada pot dan polybag.

Kecipir merupakan tumbuhan merambat seperti kacang panjang, dan gambas. Tanaman ini termasuk jenis polong-polongan yang memiliki empat siku seperti sayap yang menyerupai buah belimbing. Bijinya berbentuk bulat dengan diameter 5-10 mm, berwarna kuning, cokelat hingga hitam. Daun muda dan buahnya biasa dijadikan sebagai sayuran karena mengandung banyak vitamin dan serat, sedangkan kecipir yang sudah tua dapat diolah menjadi minyak.

Tumbuhan kecipir dapat tumbuh di daerah mana saja, baik di daerah dataran rendah maupun di daerah dataran tinggi. Budidaya kecipir dapat pula dilakukan di rumah terutama bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas, dengan cara memanfaatkan pot atau polybag.

Alat dan bahan yang diperlukan:

Benih kecipir
Pot atau Polybag
Pupuk kompos
Sekop kecil

Langkah-langkah menanam kecipir;

Pilihlah buah kecipir yang sudah tua, petik, kupas dan jemur dibawah sinar matahari  hingga kering.

Seleksilah benih dengan cara merendamnya terlebih dahulu pada larutan bawang merah. Biarkan semalam. Benih yang baik adalah benih yang tidak mengambang dalam air.

Campurlah pupuk kompos dengan tanah, dan sekam bakar perbandingan 2:1:1, aduk sampai merata dan masukkan ke dalam pot atau polybag. Kemudian siramlah media tanam dengan baik sampai merata.
Tanamlah 2-3 benih pada media tanam dengan kedalaman sekitar 3 cm.
Tutupi kembali benih dengan tanah.

Kecipir yang ditanam dalam pot kini mulai tumbuh.

Perawatan:

Untuk tanaman yang masih kecil lakukan penyiraman setiap pagi dan sore, namun jangan terlalu berlebihan, perkirakan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Cabutlah rumput liar yang ada disekitarnya. Karena kecipir merupakan jenis tanaman yang merambat maka perlu dipasangi dengan ajir/tajuk ketika tanaman sudah berumur 2 minggu. Ajir dapat dibuat dari belahan bambu yang kuat dan kokoh. Hal ini diperlukan agar tanaman dapat merambat, tumbuh dengan baik dan tertata rapi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...