Rabu, 14 November 2018

Daun kipahit

Kipahit atau nama ilmiahnya Tithonia diversifolia ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pestisida nabati saja seperti yang pernah kita bahas sebelumnya.

Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes. Karena itu tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman insulin. Tanaman ini bisa mengendalikan kandungan gula darah selayaknya insulin.

Selain manfaat tersebut diatas, ternyata tanaman kipahit bisa dibuat sebagai pupuk organik cair, yaitu pupuk yang bagus digunakan pada masa vegetatif atau pertumbuhan.

Kipahit mempunyai kandungan hara sebesar 3.7-6.2 % N , 0.43 – 0.82 % P , 3.9 – 6.3 % K , ditambah Ca, Mg , dan Na ( Calcium , Magnesium , dan Natrium ). Tentu data ini membuktikan bahwa kipahit sudah mengandung pupuk lengkap. Apalagi tanamannya berlimpah di Indonesia, namun masih sedikit yang memanfaatkannya.

Cara Membuat POC (Pupuk Organik Cair) daun kipahit.

Bahan dan peralatan :
- Daun kipahit 1kg
- Larutan gula/ molase 250ml
- Air kelapa 250ml
- Air bersih 1lt
- EM4 250 ml
- Drum/ember

Cara membuat ;
– Masukkan air bersih, air kelapa dan larutan gula ke dalam drum sambil diaduk
– Masukkan daun kipahit yang sudah dicincang dan bakteri pengurai (EM4) sambil diduk
– Simpan pada tempat terlindung selama 14 hari
– Saring dan POC siap digunakan, ampasnya digunakan sebagai pupuk padat

2 komentar:

  1. Assalamualaikum.ditempat saya pemanfaatan teknologi untuk pengembangan pengolahan nya belum ada.sementara bahan baku daun TITONIA banyak.apa bisa bantu

    BalasHapus

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...