Selasa, 10 Mei 2016

BULAN SYA'BAN dan Keutamaannya

AL-imam yahya bin Mu'az  رحمه الله تعالى. berkata: Bahwa Dalam Huruf  Sya'ban itu Terdiri Ma'na istimewa Utk orang² yang berbuat kebaikan Dari setiap hurufnya  Yaitu.

1. Syiin Assyarfu Wassafa'ah Yg berarti Kemuliaan dan Syafa'at
2. Ain 'izzatu yang berarti Kedudukan
3. Baa Birru yang berarti kebaikan
4. Alif Ulfatu Yang berarti Berganda
5, Nun  Annuuru yang berarti Cahaya

Dalam  bulan  Sya'ban pun pula sejarah diwahyukannya kpd Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم. untuk mengarah kiblat   Dari Baitul maqdis Palestina Ke ka'bah Mekah Al mukarromah اَللّهُ سبحانه وتعالى Berfirman: "Sungguh Kami (sering) Melihat Mukamu Mengadah kelangit Maka sungguh kami akan Memalingkan Kamu Kekiblat yg kamu sukai Palingkanlah mukamu Kpd Masjidil harom.Dan dimana saja kamu berada Palingkanlah Mukamu ke arahnya"(QS.AL-Baqoroh;144) 

Dan Turun Pula Wahyu Pada Bulan Syaban Untuk anjuran kita Bersolawat Kepada Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم. Berfirman  اَللّهُ سبحانه وتعالى ; Sesungguhnya اَللّهُ Dan malaikat²nya  Bersolawat utk nabi hai orang² yg Beriman, Bersolawatlah Kamu Untuk nabi Dan ucapkanlah salam dan Penghormatan Kepadanya" (QS, AL Ahzab;56)

Dari Sayidina annas رضي الله عنـه Bahwa Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم Bersabda: Sesungguhnya اَللّهُ SWT telah Menciptakan lautan cahaya di Bawah 'arasy, lalu اَللّهُ menciptakan malaikat yg memiliki 2 sayap satu sayap di timur dan satu sayap dibarat sedangkan kepalanya di bawah 'arasy dan kakinya di bawah bumi ke 7, maka ketika seorang yg membaca solalawat KEPADAKU di bulan² sya'ban اَللّهُ memerintahkan malaikat itu menyelam di air kehidupan, lalu malaikat itu keluar dari air dan mengibas kan sayapnya, dari setiap bulu yg memercik اَللّهُ ciptakan malaikat Untuk memohon ampun Untuknya sampai hari kiamat. 

واللّه أعلم بالصّواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...