Kamis, 18 Agustus 2016

Mencintai Fakir Miskin

Al-Imam Al-Harits Al-Muhasibi رضي الله عنـه berkata, "Perlu diketahui bahwa sebaik² teman adalah seorang yg mencintai orang² miskin dan siapapun yg tidak takut menjadi miskin, maka hatinya akan tenang, karena ia yakin bahwa اَللّهُ سبحانه وتعالى yg menjamin rezeqinya.

Ia akan slalu puas dengan apa yg dimilikinya, ia akan bersabar ketika menghadapi ujian, ia akan bersyukur ketika menghadapi kesenangan, ia akan slalu bersikap ramah-tamah kepada orang lain karena اَللّهُ سبحانه وتعالى, ia akan menjauhi sifat sombong dan menumpuk harta sebanyak²nya"

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Orang² lemah dari kaum Muhajirin akan dipersilahkan masuk surga 500 Tahun lebih dulu dari orang² yg kaya diantara mereka" (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم juga bersabda, "Orang² miskin akan dipersilahkan masuk ke dalam surga 500 Tahun lebih dulu dari orang² yg kaya" (HR. An-Nasa'i)

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم juga pernah berdo'a, "Yaa اَللّهُ, jadikanlah hidupku sebagai seorang yg miskin, matikan diriku sebagai seorang yg miskin dan kumpulkan di hari kiamat kelak diriku dalam kelompok orang² miskin" (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Sabda Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم, "Sungguh celaka seseorang yg menghambakan dirinya kepada hartanya, sungguh celaka dan amat merugi pula" (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...