Selasa, 01 Maret 2016

Mukmin Tetapi Munafiq

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Orang yg bermuka dua di dunia, akan dibangkitkan pada Hari Kiamat dalam keadaan memiliki dua wajah dari Api Neraka" (HR. Ath-Thabrani)

Munafiq itu ada dua ;
Pertama, Munafiqnya orang² kafir, yaitu orang² yg menampakkan keimanan dan menyembunyikan kekufurannya.

Kedua, Munafiqnya orang² yg beriman, yaitu mereka beriman akan tetapi tidak mengamalkan tuntutan iman.

Ciri orang beriman yg memiliki sifat munafiq diantaranya adalah ia merasa berat dan bosan untuk membaca Al-Qur'an, duduk di Masjid dan sejenisnya, akan tetapi merasa nyaman untuk mengucapkan kalimat² yg tidak bermanfaat, duduk² di pasar (Mall) dan permisalannya.

Dan sifat ini hanya dapat diketahui dari dekat.

Suatu ketika seseorang berkata kepada Sayyidina Hasan Al-Bashri رضي الله عنـه (Seorang Ulama Tabi'in terkemuka), "Alhamdulillah, sifat munafiq tidak ada di zaman kita ini, ia hanya ada di zaman sahabat dan kini telah sirna"

Maka beliau رضي الله عنـه berkata, "Seandainya orang² munafiq itu punya ekor, maka kalian tidak akan dapat duduk di mana pun !". (Yakni, karena jumlah mereka terlampau banyak)

Salah satu tanda jika dirimu masih memiliki sifat munafiq adalah engkau marah jika disebut sbagai seorang munafiq, padahal manusia tidak terlepas dari sifat ini.

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظيْم وأتوبُ إليہ

("Tatsbitul Fuad", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Sayyid Ahmad bin Hasan bin Abdullah bin Alwi bin Muhammad bin Ahmad Al-Haddad رضي الله عنـه, Juz 2, hal 31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...