Jumat, 23 Juni 2017

MOL tanaman

Dalam perkembangan dan proses kehidupannya, manusia sangat mungkin menemui berbagai permasalahan, baik secara individu, secara perorangan maupun kelompok (Kons, 2011:93). Heru mugiarso menambahkan bahwa perjalanan kehidupan dan proses perkembangan sering kali ternyata tidak mulus, banyak mengalami berbagai  hambatan dan rintangan (Heru, 2011:94).

Dari sini nampak jelas bahwa hidup adalah masalah, dan tugas dari seseorang yang hidup adalah mencari solusinya (Hasan, 1986:5).

Oke, biar tidak banyak masalah, saya akan membagikan resep rahasia MOL penyubur tanaman.

Bahan yang perlu dipersiapkan... check it out;
- Gula merah/molase,
- Daun/buah tanaman yang mau ditanam

Jika mau menanam kangkung, buatlah MOL kangkung dengan bahan baku kangkung dan gula/molase. Karena kangkung mengandung zat besi, maka MOL yang dibutuhkan juga harus banyak mengandung zat besi. Begitu pula pada terong, kacang panjang, dan tanaman lainya. Tidak direkomendasikan tanaman yang mempunyai potensi dibuat sebagai pestisida nabati. Misalnya cabai, jangan pakai buahnya takut panas.

Cara membuatnya:
Potong kecil-kecil atau cacah daun/buahnya, misalnya kangkung dicacah lembut, taruh dalam botol bersama dengan molase/gula dengan perbandingan 1:1, peram selama 14 hari.
Ambil airnya.

Cara pemakaian disiram pada metan sebelum tanam, dosis 25ml/1lt.
atau semprot pada tanaman dengan dosis 15ml/lt.

Pertumbuhan kangkung lebih cepat dan hijau, lih. Gambar, begitu juga pada terong, dan sawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...