Jumat, 04 Desember 2015

Klasifikasi kertas

Macam macam kertas menurut ahli rosok.

Secara garis besar, kertas di bagi menjadi 4. Yaitu:

1. SBL, yaitu kertas putih yang biasanya digunakan untuk fotocopy. Baik tulisanya sedikit maupun banyak. Bila intensitasnya baik maka dinamakan SBL super. Tetapi bila rada kusam, atau tintanya berwarna dan terlihat kurang putih dinamakan SBL biasa. Misalnya SBL adalah buku putih, buku tulis, kertas untuk karya ilmiah, dan sebagainya.

2. CD, seperti halnya SBL namun CD adalah kertas buram. Biasanya terdapat pada buku LKS, lembar tes, dan lain-lain.

3. Marga, adalah kertas yang tebal dan tidak termasuk bagian dari kedua kertas di atas. Misalnya kertas warna, atau sampul buku, kertas kado, kertas tebal, majalah dan lain-lainya. Kertas marga merupakan sampah yang harga ekonomisnya lebih rendah.

4. HVS, adalah kertas SBL yang masih polos, putih tanpa ada coretan tinta sedikit pun. Kertas ini nilai ekonomisnya cenderung lebih tinggi.

Selain kertas tersebut, ada pula kertas eliminasi, yaitu kertas yang bercampur plastik. Misalnya kertas stiker., kertas semen, dan kertas kardus.

demikianlah pengetahuan tentang kertas dari sudut pandang pabrik kertas. Dan semua itu mempunyai nilai ekonomi yang menjanjikan walau termasuk rosok, atau barang bekas. Jadi manfaatkanlah sebaik mungkin buku yang kamu miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...