Senin, 07 Desember 2015

MOTIVASI

Motivasi adalah syarat mutlak untuk belajar.
motivasi berasal dari kata dasar motif, yang artinya segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Menurut Sartain, motif adalah suatu pernyataan di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku atau perbuatan suatu tujuan atau perangsang. Misalnya seorang petani yang menyangkul sawahnya dari pagi sampai petang tanpa henti.

drive atau dorongan terkadang digunakan untuk mengartikan motivasi. karena mengarahkan sebuah tingkah laku terhadap suatu tujuan /goal.

motivasi juga mempunyai arti need /kebutuhan. arena keduanya mempunyai arti untuk menginginkan sesuatu yang harus dicapai.


Jadi, motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk mencapai segala sesuatu yang dia inginkan.


Sartain membagi motivasi menjadi 2;
a. physiologicak drive, yaitu dorongan dorongan yang bersifat fisiologis, atau jasmaniah, seperti lapar dan haus.
b. social motives, yaitu dorongan yang ada hubunganya dengan manusia yang lain dalam masyarakat. misalnya dorongan ingin berbuat baik.


Sedangkan Woodworth membagi motivasi menjadi dua, yaitu;
a. unlearned motives/pokok pokok yang yang tidak dipelajari, yang berupa dorongan yang disebabkan oleh kekurangan atau kebutuhan, dan
b. learned motives/pokok pokok yang dipelajari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...