Minggu, 13 Desember 2015

Laporan PPL

BAB I
PENDAHULUAN

Urgensi Praktik Profesi Lapangan

Praktek Profesi Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah belajar mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan pra jabatan guru yang dirancang secara khusus untuk menyiapkan calon guru agar memiliki dan menguasai profesi keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mahasiswa menjadi guru, mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional.

Praktek Profesi Lapangan (PPL) merupakan bagian dari serangkaian komponen profesionalisme kependidikan dalam kurikulum STAI Pati Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk :
Memberikan pengalaman dan pengetahuan praktek yang lebih luas sesuai spesifikasi jurusan dan program studi yang dimiliki.
Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi serta lingkungan sekolah.
Memiliki dan menguasai ketrampilan dasar mengajar.
Mampu melaksanakan ketrampilan mengajar pada mata pelajaran yang diajarkan.
Mampu menarik pelajaran dari penghayatan dan pengalamannya.
Memiliki suatu standart kompetensi professional guru.

Praktek Profesi Lapangan (PPL) bermanfaat baik bagi mahasiswa. Kegiatan PPL ini dapat membantu meningkatkan ketrampilan mengajar, mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam perkuliahan serta dapat mengetahui realita yang ada di sekolah. Bagi sekolah, kegiatan PPL ini memberikan informasi-informasi baru yang dapat dipadukan dengan kemampuan sekolah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, sedangkan bagi kampus kegiatan PPL ini dapat menciptakan mahasiswa calon guru yang profesional dan kompeten pada bidangnya.

Praktek Profesi Lapangan (PPL) berlangsung selama kurang lebih 30 hari yaitu mulai pada tanggal 1 September 2014 sampai dengan  tanggal 1 Oktober 2014 dan bertempat  di  Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Desa Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati.
Dengan Praktek Profesi Lapangan (PPL) di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Desa Tegalwero Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, praktikan merupakan bentuk kegiatan mahasiswa terhadap aplikasi pendidikan disekolah atau madrasah. Kegiatan ini merupakan aktivitas terapan dan latihan profesi dalam hal ini penulis mendapatkan tugas mengajarkan:
Mata pelajaran Fiqih kelas XII A dan kelas XII  B yang diampu oleh Ibu Hj. Hanik Rohmawati, S.Ag. Dengan jumlah tatap muka dengan siswa secara langsung sebanyak 1 kali pertemuan dalam 1 minggu dalam jam yang berbeda dan hari yang sama dengan alokasi waktu (2 x 45 menit).
Dengan jadwal pengajaran sebagai berikut :
PERTEMUAN
KELAS
PELAKSANAAN
JAM KE

I
XII A
3 September 2014
1 – 2

II
XII B
3 September 2014
3 - 4

III
XII A
10 September 2014
1 – 2

IV
XII B
10 September 2014
3 - 4

V
XII A
17 September 2014
1 – 2

VI
XII B
17 September 2014
3 - 4

VII
XII A
24 September 2014
1 – 2

VIII
XII B
24 September 2014
3 - 4

Gambaran Umum Sekolah Madrasah

Secara geografis letak MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi ± 30 Km dari kota Kabupaten Pati ke arah Tenggara, dengan luas tanah wakaf ± 1.500 m
Adapun lokasi MA Nurul Qur’an terletak di Jl. Raya Juana Pucakwangi Km.13 Tegalwero Pucakwangi Pati, yaitu berada diantara rumah penduduk dengan batas-batas sebagai berikut:
Sebelah Barat berbatasan dengan rumah penduduk.
Sebelah Utara berbatasan dengan jalan desa.
Sebelah Timur berbatasan dengan rumah penduduk.
Sebelah Selatan berbatasan dengan persawahan penduduk.

BAB II
ORIENTASI KAMPUS/PEMBEKALAN (COACHING)

Kegiatan Orientasi Kampus ini berlangsung selama 2 hari, yang dikoordinasikan oleh Panitia Penyelenggara PPL. Kegiatan tersebut meliputi:
Penyegaran kembali masalah-masalah keguruan, antara lain: kebijakan akademik tentang PPL, kode etik keguruan, keterampilan dasar mengajar, pembelajaran aktif, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan penilaian hasil belajar.
Informasi tentang Sekolah latihan dengan berbagai permasalahannya.
Hal-hal teknis pelaksanaan PPL
Penyusunan laporan

BAB III
OBSERVASI LIGKUNGAN SEKOLAH

Diskripsi Umum Kelas Latihan

Tinjauan historis
Madrasah Aliyah Nurul Qur’an adalah salah satu madrasah setingkat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kecamatan Pucakwangi tepatnya di desa Tegalwero. MA Nurul Qur’an ini berdiri pada tahun 2000 di bawah naungan Yayasan Perguruan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) yang telah berdiri sebelumnya pada tahun 1996.
Yayasan Perguruan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) pada awalnya adalah sebuah yayasan swakelola yang dijalankan pengurus yayasan. Pada tahun 1990-1999 yayasan ini berawal dengan melakukan kegiatan berupa Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Selain menjalankan kegiatan tersebut, pengurus yayasan yang pada saat itu adalah pengurus TPQ juga melakukan kegiatan santunan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa yang melibatkan masyarakat secara luas dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, khususnya masyarakat desa Tegalwero.
Yayasan Perguruan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) dalam melaksanakan kegiatannya berdasarkan hukum Pancasila dan berdasarkan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Yayasan Perguruan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) dalam melaksanakan kegiatannya bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, dan bidang sosial. Selain itu juga YPIQ memiliki tujuan membangun dan memajukan masyarakat dibidang pendidikan agar menjadi warga negara yang cakap, terampil serta memiliki tanggung jawab terhadap agama, bangsa dan negara.
Untuk memperkuat pengelolaan pada semua jenis unit pendidikan yang ada, maka pada tanggal 23 Agustus 1999 pengurus YPIQ mengajukan yayasan ini ke Akte Notaris Suharyanto, SH. untuk mendapatkan status yayasan yang berbadan hukum. Dan pada tanggal 24 Agustus 1999 Yayasan Perguruan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) telah resmi berbadan hukum dengan Akte Notaris Suharyanto, SH. Nomor 01 tanggal 24 Agustus Tahun 1999.
Yayasan Perguruan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) membawahi unit pendidikan sebagai berikut:
Pra sekolah atau Taman Kanak-kanak.
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Qur’an status terakreditasi B.
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Qur’an status terakreditasi B.
Madrasah Aliyah (MA) Nurul Qur’an status terakreditasi B.
Madrasah Diniyah (Madin) Nurul Qur’an.
Pondok Pesantren putra/putri Nurul Qur’an.

Struktur Organisasi

MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati memiliki susunan organisasi dalam mengatur jalannya proses pendidikan yang ada. Adapun struktur organisasi MA Nurul Qur’an Tahun Pelajaran 2014/2015, adalah  sebagai berikut:
Ketua Yayasan:  H. Moh. Thohir, S.Pd.I
Ketua Komite:  Moh. Yasir
Kepala Madrasah:  H. Yasin, S.Ag. MH
Bendahara:  Hj. Hanik Rohmawati, S.Ag
Kepala Tata Usaha:  Moh. Abdul Khozem, S.Pd.I
Waka Kurikulum:  Teguh Pramono, S.Pd.I
Waka Kesiswaan:  Suparno
Waka Humas :  Nurkayah, S.Pd
Waka Sarpras:  Matrasid, S.Pd.I
  BP / BK:  Sudiyanto, S.Pd
  Pembina OSIS:  Mochammadun, S.HI
  Seksi Perpustakaan:  Abdul Salam, S.Pd.I 
  Seksi Lab. Komputer:  Mochammadun, S.HI
  Seksi Lab. IPA:  Luluk Siti Fatimah, A.Ma
  Wali Kelas XA:  Nur Efendi, S.Pd
  Wali Kelas XB:  Nur Azis Fauzanah, S.Pd.I
  Wali Kelas XI IPA:  Wartono, S.Pd
  Wali Kelas XII A IPA:  Ummi Nur Sholihah, S.Pd.
  Wali Kelas XIIB IPA:  Siti Nur Syamsiyah, S.Pd.I
  Security:  Moh. Nur Kholis
  Pembina Pramuka:  Abdul Rozak
  Kebersihan ( 6 K ):  Suyoto

Data Guru dan Karyawan

    Daftar Guru dan Karyawan
MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati
Tahun Pelajaran 2014/2015
No.
Nama
Pendidikan Terakhir
Jabatan

1
H. Yasin, S.Ag.MH
S2
Kepala Madrasah

2
Hj. Hanik R, S.Ag
S1
Guru/Bendahara

3
Suparno
-
Guru/Waka Kesiswaan

4
Matrasid
S1
Waka Sarpras

5
Parjo ,S.Ag.MA
S1
Guru

8
Noorkayah, S.Pd
S1
Waka Humas

9
Ummi Nur Sholihah,S.Pd
S1
Guru

10
Ky. Ali Musthofa
PONPES
Guru

11
Ky. Ahmad Jauhari
PONPES
Guru

12
Ky. Shofi’i
PONPES
Guru

13
Luluk Siti Fatimah, A.Ma
D3
Guru

14
Lilin Hartutik, S.Pd
S1
Guru

15
Teguh Pramono, S.Pd.I
S1
Guru/Waka Kurikulum

16
M. Ali Kholis Udin, S.Pd
S1
Guru

17
Wartono, S.Pd
S1
Guru

18
Mahfiyatul Haritsah
PONPES
Guru

19
Mochamadun, S.H.I
S1
Guru/Pembina OSIS

20
Suhadak, S.Pd
S1
Guru

21
Nur Aziz F. S.Pd.I
S1
Guru

22
Siti Nur Syamsiyah,S.Pd.I
S1
Guru

23
Moh. Subagyo, M.Ag
S2
Guru

24
Sudiyanto, S.Pd
S1
Guru/BK/BP

25
Moh. Abdul Khozem, S.Pd.I
SI
Ka. TU

26
Abdul Salam,S.Pd.I
S1
Petugas Perpus.

27
Abdul Rozak
SLTA/MAN
Staf Tata Usaha

Pembina Pramuka

29
Moh. Nur Kholis
SLTA/SMA
Satpam

30
Suyoto
SLTA/SMA
Tukang Kebun

Sarana dan Prasarana Madrasah

Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati dalam kegiatan proses belajar mengajar ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadahi sehingga madrasah ini termasuk dalam kategori madrasah yang maju. Sarana dan prasarana di madrasah ini meliputi:

Luas Tanah:  3.000 m2
Ruang Kelas:  5 ruang
Ruang Kepala Madrasah:  1 ruang
Ruang guru:  1 ruang
Ruang Tata Usaha:  1 ruang
Ruang OSIS:  1 ruang
Lab. Komputer:  1 ruang
Ruang UKS:  1 ruang
Ruang Tamu:  1 ruang
Ruang Perpustakaan:  1 ruang
Ruang WC:  3 ruang
Televisi:  2 unit
Komputer:  15 unit
Sound System:  6 unit
Almari:  8 buah
Meja Guru:  20 buah
Kursi Guru:  40 buah
Meja Siswa:  106 buah
Kursi Siswa:  210 buah
Papan Tulis:  5 buah
Papan Pengumuman:  2 buah

Data Keadaan Siswa

Madrasah Aliyah Nurul Qur’an selain siswanya  berasal dari masyarakat desa Tegalwero ada juga yang berasal dari luar Kecamatan Pucakwangi bahkan ada juga yang berasal dari luar Kabupaten Pati. MA Nurul Qur’an Tegalwero tahun pelajaran 20014/5 mempunyai siswa sebanyak 138 siswa dengan perincian sebagai berikut:

Data Keadaan Siswa MA Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi
Tahun Pelajaran 2014/2015

No
Keadaan Siswa
Kelas X A
Kelas X B
Kelas
XI 1 IPA
Kelas
XII 1 IPA
Kelas
XII 2 IPA
Jumlah
Total

1
Jumlah Siswa
30
30
33
22
23
138

2
Rombel
1
1
1
1
1
5

Observasi Pembelajaran Model

Model Pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an pelajaran Fiqih yang diajarkan oleh guru pamong adalah dengan menggunakan makalah dari internet yang telah disesuaikan dengan materi yang ada dalam kurikulum. Maka metode yang digunakan adalah metode diskusi secara kelompok.
Jadi siswa harus benar-benar bisa menguasai materi yang menjadi tema untuk kelompoknya, disamping itu siswa juga diberi LKS untuk dipelajari sendiri dan bahan untuk evaluasi pelajaran.
Tapi untuk pembelajaran oleh para praktikum ini dibolehkan oleh guru pamong untuk tidak menggunakan metode diskusi saja melainkan menggunakan metode lain yang mampu menunjang proses pembelajaran.
 





BAB IV
PELAKSANAAN PRAKTIK PEMBELAJARAN
DAN MANAJEMEN SEKOLAH
Praktik Pembelajaran di Kelas
Materi
Dalam melaksanakan Praktek Profesi Lapangan (PPL) di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Tegalwero Pucakwangi Pati, masing-masing mahasiswa menyampaikan materi yang telah ditentukan sebelumnya dan sebelum melaksanakan proses pembelajaran mahasiswa mengkonsultasikannya kepada guru pamong terlebih dahulu.
Materi yang diajarkan dalam pelajaran Fiqih ini adalah sebagaimana jadwal berikut:
No
Hari / Tanggal
Mata Pelajaran
Jam ke
Kelas Latihan
Materi
Ket

1

2

3

4

 

5

6

7

8
Rabu, 3 September 2014

Rabu, 3 September 2014

Rabu, 10 September 2014

Rabu, 10 September 2014

Rabu, 17 September 2014

Rabu,  17 September 201

Rabu,  24 September 2014

Rabu,  24 September 2014
Fiqih

Fiqih

Fiqih

Fiqih

Fiqih

Fiqih

Fiqih

Fiqih
1-2

3-4

1-2

3-4

1-2

3-4

1-2

3-4
XII A

XII B

XII A

XII B

XII A

XII B

XII A

XII B

Syarat-syarat menjadi kholifah dan tata cara pengangkatannya

Syarat-syarat menjadi kholifah dan tata cara pengangkatannya

Majlis Syura

Majlis Syura

Ulangan BAB I Siyasah Syar’iyyah

Ulangan BAB I Siyasah Syar’iyyah

Sumber Hukum Islam (1)

Sumber Hukum Islam (1)

Metode
Dalam dunia pendidikan berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran itu salah satunya adalah dengan tepatnya metode yang digunakan. Adapun metode yang telah digunakan dalam PPL ini adalah menggunakan metode ceramah sebagai metode utamanya. Karena menurut pengalaman yang ada kelas yang tergolong kelas besar ( lebih dari 40 anak ) itu tidak efektif untuk digunakan untuk diskusi.
Namun disamping metode ceramah juga digunakan metode yang lainnya seperti metode tanyajawab, penugasan dan diskusi, tapi tidak sebagai metode utama dalam pembelajaran.

 
Media
Untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran diperlukan alat atau media. Media yang telah digunakan dalam PPL ini adalah media papan tulis dan laptop untuk menyimpan materi. Media yang digunakan masih begitu sederhana karena dalam penggunaan LCD masih terbatas dan digunakan pada waktu yang tertentu saja.
Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui timbal balik siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Penulis menggunakan evaluasi dalam bentuk Lisan dan Tertulis. Test Lisan berupa Tanya jawab antara guru dan siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, sedangkan untuk Test tertulisnya berupa penugasan kerja kelompok, pekerjaan rumah, dan mengerjakan soal dalam LKS.

Praktik Administrasi dan Manajemen Sekolah
Praktik Administrasi dan Manajemen Sekolah yang menawarkan keleluasaan pengelolaan sekolah memiliki potensi yang besar dalam menciptakan tenaga pendidik yang profesional.  Oleh karena itu, praktikan dalam melaksanakan praktik administrasi dan manajemen sekolah tersebut perlu seperangkat kewajiban dan tuntutan pertanggung jawaban  yang tinggi. Selain itu juga, praktikan di tuntut memiliki kemampuan professional dan manajerial dari semua komponen yang mencakup pengelolaan satuan pendidikan.
Selain praktek mengajar di kelas, praktikan juga merumuskan administrasi pembelajaran sebagai pelengkap dari administrasi guru, administrasi tersebut yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Silabus dll. Dan didalam proses pembelajaran Praktikum juga ikut dalam pengisian absen kelas, dan jurnal kelas.
Pelaksanaan Kegiatan Ekstra Kulikuler
Pelaksanaan kegiatan ekstra kulikuler di MA Nurul Qur’an beragam. Bahkan MA ini terbilang aktif dalam kegiatan ekstra kulikuler, meliputi:
Qira’atil Qur’an
Kegiatan Qira’atil Qur’an di MA Nurul Qur’an dilaksanakan tiap pagi kecuali hari senin. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa MA Nurul Qur’an gemar membaca Alqur’an disamping itu agar siswa yang tidak bisa membaca menjadi bisa.
Qira’atil Qur’an merupakan kegiatan ekstra dari mulai jam 7.00 sampai jam 7.30 untuk kelas X dan kelas XI karena melihat dari bacaan Al-qur’anya yang masih butuh pembelajaran. Adapun mahasiswa PPL STAI Pati disini menjadi guru pembimbing siswa-siswa dalam kegiatan qiraah.
Pelajaran Kitab Kuning
Sebagaimana qiraatil qur’an, juga dilaksanakan tiap pagi untuk kelas XII adalah pelajaran kitab kuning. Hal ini dimaksudkan agar siswa mampu membaca kitab kuning ketika tamat MA.
Pengelolaan Sumber Belajar
Dalam penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran penulis menggunakan sumber-sumber yang sudah ada yaitu Buku paket Ayo Mengkaji Fiqih karangan A. Musthofa Hadna, buku LKS Fiqih dan buku – buku lainnya yang masih relevan dengan materi yang ada. Disamping itu juga penulis juga memanfaatkan sumber dari internat sebagai tambahan dalam menjelaskan materi

Kendala Pelaksanaan  Pembelajaran
Para siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran yang telah praktikan sampaikan. Hal itu kemungkinan terjadi karena mereka menganggap bahwa guru Praktikan hanyalah seorang guru yang baru dan belum dikenal.
Kurangnya sumber belajar yang dimiliki oleh siswa. Siswa kebanyakan hanya memiliki satu sumber belajar dan itu  berasal dari buku paket / LKS.
Kesulitan dalam pengkondisian kelas karena Banyak peserta didik yang kurang memperhatikan dan mendengarkan ketika guru praktikan menyampaikan materi pembelajaran. Banyak peserta didik yang keluar masuk kelas (baik meminta ijin kepada guru praktikan maupun tidak).

Pemecahan Masalah
Selalu memotivasi dan mengaktifkan siswa, yaitu dengan memberinya  pertanyaan-pertanyaan secara acak, demokrasi, eksperimen, mengajak mereka berdiskusi memecahkan persoalan yang ada dan lain-lain. Sehingga mereka yang tadinya kurang atau tidak memperhatikan menjadi lebih serius dan berkonsentrasi memperhatikan materi yang telah saya sampaikan.
Menjelaskan lagi materi yang belum dipahami siswa dengan memberi media berupa gambar dan memberi motivasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya, sehingga mereka berani bertanya pada gurunya apabila belum paham apa yang telah disampaikan.
Memberikan wawasan kepada siswa, bahwa belajar tidak hanya dari satu buku saja, akan tetapi bisa berasal dari berbagai macam  sumber, seperti : alam sekitar, majalah, televisi maupun internet.
Bagi guru praktikan hendaknya melakukan variasi metode pembelajaran. Pelajari berbagai teori-teori mengajar seperti bagaimana kiat-kiat untuk mengkondisikan kelas. Bangunlah hubungan emosional dengan peserta didik dengan cara pendekatan individual (di dalam maupun di luar kelas).

















BAB V
PENUTUP
Simpulan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan mahasiswa terhadap aplikasi kependidikan di sekolah atau di madrasah.
Kegiatan PPL merupakan latihan profesi bagi mahasiswa atau calon guru yang berasal dari pengalaman kependidikan nyata yang ada di lapangan, sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan profesional.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan pengalaman yang akan menjadi bekal yang berarti bagi pendidikan.
Hasil yang didapat dari PPL ini  adalah :
Mahasiswa mampu mengetahui secara langsung berbagai macam karateristik siswa yang berbeda-beda.
Mahasiswa dapat mempraktekkan dan menerapkan berbagai macam metode yang tepat untuk pembelajaran.
Dapat mengetahui secara langsung bentuk administrasi yang ada dalam sekolah.
Dapat menjalin hubungan silaturahmi antara STAI Pati dan Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Pagerharjo.
Saran-saran
Penulis mengharap agar dalam pelaksanaan praktek pengalaman Lapangan (PPL) dapat berjalan sesuai yang diharapkan maka saran kami Bagi STAI PATI  adalah:
Pembekalan dilakukan secara teknik dan praktis  baik dalam micro teachimg maupun dalam pembuatan laporan.
Persiapan haruslah dilaksanakan semaksimal mungkin.
Bagi Lembaga yang ditempati:
Tingkatkan rasa disiplin baik didalam sekolah maupun diluar sekolah
Perlu adanya motivasi belajar untuk maju secara kontinyu demi meningkatkan prestasi siswa.
Bagi mahasiswa praktikan: Taatilah semua peraturan yang ada baik di fakultas maupun disekolah tempat PPL, selalu menjalin ukhuwah Islamiyah dan selalu berakhlakul Karimah.

Penutup
Dengan Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah Swt atas segala rahmat dan Hidayah-NyA penulis ucapkan atas terselesainya laporan ini.
Meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi penulis sadar akan keterbatasan dan kemampuan yang dimiliki banyak kekurangan. Untuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan laporan ini.
Akhirnya Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan umumnya bagi para pembaca sekalian,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...