Rabu, 13 Juli 2016

KOMUNIKASI EFEKTIF

Kemampuan dalam berkomunikasi dapat dikembangkan menuju arah komunikasi yang efektif dengan melakukan langkah-langkah;

-Mengembangkan wawasan,
seorang komunikator hendaknya seorang yang cakap. Seorang yang memiliki wawasan yang cukup luas, karena dengan wawasan yang luas akan mendongkrak rasa percaya diri komunikator. Sehingga dengan sendirinya akan memperlancar jalanya komunikasi. Wawasan tersebut bisa didapat dari membaca, pengalaman, mendengarkan orang lain, dan sebagainya.

-Menggunakan bahasa tubuh
Penggunaan bahasa tubuh dapat mendukung jalanya komunikasi. Misalnya menggeleng-geleng tanda tidak setuju.

-Menjaga kontak mata dan jarak berbicara
Sinar mata seorang yang berbahagia, penuh percaya diri, dan mampu menyesuaikan diri terlihat sangat menarik perhatian. Sehingga ketertarikan terhadap seseorang pun dapat terlihat pada pandangan mata seseorang.

-Memiliki rasa humor
Humor adalah kemampuan untuk melihat aspek-aspek yang lucu dan menyenangkan di dalam hidup, tanpa mengabaikan aspek-aspek kerasnya yang menyedihkan.

-Memiliki rasa empati
Memang terasa lebih menyenangkan berbicara dengan orang yang mau mengerti, memahami, dan mau memperhatikan kita. Sehingga percakapan akan menjadi akrab dan nyaman.

Sumber; titiek triwidodo dan djoko kristanto. Pengembangan kepribadian sekertaris. Jakarta: grasindo, 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...