Sabtu, 23 Juli 2016

MANUSIA SEBAGAI PESERTA DIDIK DAN HAMBA TUHAN DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM



   

Peserta didik adalah makhluk yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing-masing. Didalam pandangan yang lebih modern peserta didik tidak hanya dianggap sebagai objek atau sasaran pendidikan, melainkan diperlukan sebagai subjek pendidikan, diantaranya adalah dengan cara melibatkan peserta didik dalam memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar.
Manusia sebagai peserta didik hendaknya tidak melepaskan fitrahnya sebagai hamba Tuhan. Seperti yang dikatakan oleh Imam Ghazali bahwa "tugas pendidik adalah menyempurnakan, membersihkan hati manusia untuk tunduk kepada Allah SWT”.
1.      Kode Etik Murid dalam Mencari Ilmu Allah
Kode etika adalah aturan-aturan atau norma-norma yang dikenakan kepada peserta didik berisi tentang hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan peserta didik.
Seseorang dapat di katakan sebagai peserta didik apabila memenuhi salah satu krakteristik dan syarat peserta didik. 1. Tirtarahardja mengemukakan karakteristik seorang peserta didik sebagai berikut:
a.       Peserta didik memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan makhluk yang unik.
b.      Peserta didik sedang berkembang yakni mengalami perubahan dalam dirinya secara wajar, baik ditujukan kepada diri sendiri maupun kearah penyesuaian  dengan lingkungan.
c.       Peserta didik membutuhkan bimbingan dan perlakuan manusiawi yakni semasa peserta didik belum dewasa, ia membutuhkan bantuan dan bimbingan dari orang dewasa sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik agar bimbingan tersebut mencapai hasil yang optimal.
d.      Peserta didik memiliki kemampuan untuk mandiri yakni peserta didik dalam perkembangannya memiliki kemampuan untuk berkembang ke arah kedewasaan.
Sedangkan syarat yang harus di penuhi peserta didik ialah sebagai berikut:
1)      Peserta didik harus ikhlas
عن معا ذ بن جبل عن رسول الله صلى ا لله عليه وسلم ق ل من طلب ا لعلم ليبا هي به ا لعلماء ويما ري به السفهاء في المجا لس لم يرح راءحة الجنة.
Artinya: “Dari Mu’adz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda ,”Barang siapa yang menuntut ilmu karena ingin merasa bangga sebagai ulama dan menipu orang bodoh di majelis, tidak akan mencium aroma surga”(HR. Ath Thabrani).
Berdasarkan hadist di atas menjelaskan bahwa peserta didik menuntut ilmu tidak boleh karena ingin mendapat julukan ulama atau mendapatkan popularitas dan menarik perhatian orang banyak. Menuntut ilmu harus dilakukan murni karena melaksanakan perintah Allah
2)      Menghormati guru dan menyayangi teman
Peserta didik harus menghormati pendidikannya (orang tua dan guru) serta menyayangi teman-temannya. Hal ini sesuai dengan hadist berikut:
عن عبا د ة بن الصا مت ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قل ليس من امتي لم يجل كبيرنا وير حم صغيرنا ويعرف لعا لمنا حقه.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
Artinya: “Ubadah bin shmit meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,”tidaklah termasuk umatku orang yang tidak memuliakan orang-orang tua, tidak menyayangi yang muda dan tidak mengenal hak-hak orang alim (guru).”(HR.Ahmad).

Maksud dari hadits tersebut seorang peserta didik harus menyayangi teman dan adik kelas sertamemuliakan kakak kelas dan pendidik
Sebagai peserta didik hendaknya memiliki adab dan tugas yang harus di jalankan masing-masing individu, seperti yang telah dikemukakan Sa’id Hawwa adab dan tugas murid tersebut sebagai berikut:
a)      Peserta didik hendaknya senantiasa membersihkan hatinya sebelum menuntut ilmu. Hal ini disebabkan karena belajar adalah ibadah dan tidak sah ibadah kecuali dengan hati yang bersih.
b)      Murid harus mengurangi yang berkaitan dengan kesibukan duniawi karena kesibukan itu akan mempersulit dalam menuntut ilmu.
c)      Murid tidak boleh sombong terhadap orang yang berilmu atau tidak bertindak sewenang-wenang terhadap guru.
d)     Tidak menekuni banyak ilmu sekaligus, melainkan berurutan dari yang paling penting. Ilmu yang paling utama ialah ilmu mengenal Allah.
e)      Hendaklah mengetahui ciri-ciri ilmu yang paling mulia, sebagai contoh belajar ilmu agama ialah kehidupan yang abadi sedangkan belajar ilmu kedokteran ialah kehidupan yang fana. Jadi belajar ilmu agama lebih utama  daripada belajar ilmu kedokteran.  
f)       Mengenal nilai-nilai bagi suatu ilmu pengetahuan yaitu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, membahagiakan dan memberi keselamatan di dunia dan di akhirat.
Dari beberapa uraian tentang kode etik murid dalam mencari ilmu, pemakalah dapat menyimpulkan bahwa peserta didik hendaknya senantiasa membersihkan hatinya sebelum menuntut ilmu. Murid harus mengurangi yang berkaitan dengan kesibukan duniawi karena kesibukan itu akan mempersulit dalam menuntut ilmu. Tidak menekuni banyak ilmu sekaligus, melainkan berurutan dari yang paling penting. Ilmu yang paling utama ialah ilmu mengenal Allah.
2.      Cara mudah untuk mendapatkan ilmu Allah
Allah menjanjikan untuk meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu serta Allah menegaskan bahwa orang yang berilmu mempunyai tingkat ketaqwaan yang lebih tinggi. 5. Dalam mendapatkan ilmu Allah, Rasulullah memberikan motivasi kepada umatnya dengan menggunakan dua metode: Pertama, metode targhib (hadiah dari Allah) yaitu Rasul memberikan jaminan kelak akan berdekatan dengan beliau ketika di surga. Kedua, metode tarhib (ancaman) yaitu Rasul memberikan ancaman kepada orang yang salah motivasi atau salah tujuan dalam mencari ilmu, maka orang tersebut tidak akan mencium bau surga. Seperti yang di jelaskan Rasul dalam haditsnya yang memiliki arti “Abu Hurairah menyatakan, Rasul telah bersabda: Siapa saja yang menuntut ilmu bukan karena Allah akan tetapi untuk mendapatkan keuntungan dunia (gelar, prestise, pen), maka nanti ia tidak akan mendapatkan bau surga”.
Dalam kitab ta’lim muta’alim seorang murid akan mudah mendapatkan ilmu apabila ia bisa memuliakan ilmu, dengan cara:
a.       Murid tidak boleh duduk di tempat duduk guru.
b.      Murid tidak boleh banyak bicara jika itu tidak bermanfaat.
c.       Ketika bertanya kepada guru, murid tidak boleh memakai kata-kata kasar.
d.      Tidak boleh mengarahkan kaki pada kitab.
e.       Dalam menuntut ilmu murid harus sabar.
Sedangkan di mulainya mencari ilmu sejak lahir sampai meninggal dan hari yang baik untuk mempelajari ilmu yaitu pada hari Rabu, karena pada hari Rabu Allah menciptakan cahaya dan hari itu pula hari kehancuran bagi orang kafir sehingga hari tersebut membawa berkah bagi orang mukmin. 6.  Menurut Hasan Ziyyad, beliau berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk belajar yaitu pada waktu subuh dan pertengahan antara waktu maghrib dan isya’
Dari beberapa uraian tentang cara mudah untuk mendapatkan ilmu Allah, pemakalah dapat menyimpulkan bahwa mulainya mencari ilmu sejak lahir sampai meninggal dan hari yang baik untuk mempelajari ilmu yaitu pada hari Rabu, karena pada hari Rabu Allah menciptakan cahaya dan hari itu pula hari kehancuran bagi orang kafir sehingga hari tersebut membawa berkah bagi orang mukmin.

DAFTAR PUSTAKA
Dirman dan Cicik Juarsih, Karakteristik Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Umar, Bukhori, Hadits Tarbawi, Jakarta: Amzah, 2012.
Ahmad, Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
As’ad, Aliy, Ta’limul Muta’allim, Kudus: Menara Kudus, 2007.
Syahroni, Mukhtar, Ta’lim Muta’allim, Kudus: Menara Kudus.


Dirman dan Cicik Juarsih, Karakteristik Peserta Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014),
Bukhori Umar, Hadits Tarbawi, (Jakarta: Amzah, 2012),
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010),
Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2005),
Mukhtar Syahroni, Ta’lim Muta’alim, (Magelang: Gerabak), 188-189.
As’ad, Aliy, Ta’limul Muta’allim, (Kudus: Menara Kudus, 2007), 74.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...