Minggu, 24 Juli 2016

rejeki yg terhalang dosa



Dalam sbuah Hadist, Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba akan terhalang untuk memperoleh rezeqi karena sebuah dosa yg ia lakukan" (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Sarana rezeqi sangat banyak, begitu pula jenis dosa. Seseorang terkadang berbuat dosa yg berhubungan dengan sarana rezeqinya.

Sbagai contoh adalah, seseorang yg dalam jual belinya ia suka mengurangi timbangan, takaran dan sejenisnya. Perbuatannya ini akan menghalanginya untuk memperoleh rezeqi yg berkah dari jual belinya tersebut.

Keberkahan jual belinya sirna dan hartanya akan musnah karena bencana tertentu ! Akhirnya, ia menjadi miskin (bangkrut), sbagaimana qta saksikan pada orang² yg terlibat RIBA, mereka yg enggan mengeluarkan Zakat, Dusta dalam berniaga dan sejenisnya !!

Ia tidak memperoleh rezeqi dari usahanya tersebut karena melakukan dosa yg berhubungan dengannya, bukan karena dosa yg lain.

Sedangkan seseorang yg berbuat dosa yg tidak berhubungan dengan pekerjaannya, seperti Meninggalkan Shalat, Minum Khamr, Zina dan sejenisnya, maka keburukan dosanya tersebut akan mempengaruhi SELURUH dirinya, umurnya, maupun rezeqinya !

Seandainya setelah melakukan banyak maksiat ia tetap memperoleh rezeqi yg berlimpah, maka itu merupakan ISTIDRAJ !

نَعُوْذُ بِاللّهِ مِن ذلك 
أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظيْم وأتوبُ إليہ 

("Tatsbitul Fuad", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Sayyid Ahmad bin Hasan bin Abdullah bin Alwi bin Muhammad bin Ahmad Al-Haddad رضي الله عنـه, Juz 1, hal. 69)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...