Kamis, 28 Juli 2016

Mulianya Sedekah yang rahasia

Hendaklah anda bersedekah secara rahasia, karena ada sebuah riwayat yg mengatakan, bahwa pahalanya melebihi pahala sedekah secara terang-terangan sebanyak 70 kali lipat.

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Sedekah secara sembunyi-sembunyi (rahasia) memadamkan kemurkaan Tuhan" (HR. Ath-Thabrani)

Adakah perkara lain yg lebih besar dari kemurkaan اَللّهُ سبحانه وتعالى ??? Kemurkaan itu tidak dapat dipadamkan oleh Sedekah Rahasia, melainkan karena Sedekah Rahasia dipandang sangat besar di sisi اَللّهُ سبحانه وتعالى...

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى, "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang Fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan اَللّهُ akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu ; dan اَللّهُ mengetahui apa yg kamu kerjakan" (QS. Al-Baqarah, 2;271)

Sebab diutamakan sedekah rahasia ialah, karena ia lebih dekat kepada keikhlasan, dan demikian itu merupakan ruh segala amal, disamping ia juga lebih jauh dari perasaan riya' yg merusakkan amalan.

Waspadalah, jangan sampai sedekah anda bercampur dengan riya', ataupun amalan² anda diliputi oleh riya'.
Dan jangan pula menyakiti hati fakir miskin dengan sedekahmu, karena padanya terdapat ancaman yg berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...