Selasa, 08 Agustus 2017

BAL (bakteri asam laktat)

Dalam bercocok tanam, pemilihan media, penggunaan Pupuk dan pengendalian hama sangat penting dan tidak bisa dipisahkan. Namun sebenarnya inti dari pertanian terletak dari persiapan media dan upaya pengendalian hama.

Media tanam yang baik akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Namun faktor hama dapat menjadikan pertumbuhan tanaman terganggu.

Sebenarnya pengendalian hama tidaklah cukup dengan menggunakan pestisida nabati dari berbagai macam tanaman saja. Karena kultur jaringan tanaman yang pernah terserang hama sudah pernah terinfeksi oleh hama. Disadari atau tidak, hasilnya akan berbeda dengan yang sehat tak pernah terkena hama.

Nah, inti dari pokok pembahasan diatas adalah bagaimana caranya agar tanaman kita tahan terhadap serangan hama, dan keadaan cuaca yang tak menentu seperti saat ini.

Bakteri Asam Laktat (BAL)

Bakteri asam laktat adalah sekelompok bakteri yang biasanya digunakan untuk fermentasi makanan atau minuman, seperti dalam pembuatan yoguart. Bakteri ini sangat baik bila diaplikasikan pada tanaman.

Beberapa BAL yang sering digunakan dalam pengolahan pangan adalah Aerococcus, Bifidobacterium, Carnobacterium, Enterococcus, Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, Oenococcus, Pediococcus, Streptococcus, Tetragenococcus, Vagococcus, dan Weissella.

Contoh produk makanan yang dibuat menggunakan bantuan BAL adalah yogurt, keju, mentega, sour cream (susu asam), dan produk fermentasi lainnya.

Cara mendapatkan bakteri asam laktat dari Kacang Buncis

BAHAN:
1 kg Buncis
1 ons Gula merah /putih 1

ALAT:
Blender
Botol steril

CARANYA:
Kacang buncis dikukus, tambhkan sdikit gula lalu diblender.
Waktu Jus buncis hangat, tuangkan ke dalam botol.
Tutup botol lalu disimpan dalam kulkas selama 7 s/d 14 hari.
Selama disimpan cairan dan padatan dalam botol akan terpisah. Cairan dalam botol adalah Bakteri asam laktat murni.

Gunakan cairan ini untuk menyiram media tanam dan akar tanaman. Bisa juga untuk sprai pada tanaman. Dosis 50ml/lt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...