Minggu, 13 Agustus 2017

Perangsang akar

Mempercepat usia panen tanaman kita menjadi kebahagiaan tersendiri. Selain efisien didalam masa panennya juga hemat dalam perawatannya.

Biasanya untuk tanaman sayur sampai satu bulan, namun bila masa panen lebih cepat, maka perawatan dan pemupukan akan menghemat hingga 20%. Nah kali ini ada cara untuk merangsang tanaman agar lebih cepat perkembangannya.

Bahan-bahan untuk membuat pupuk cair perangsang akar, adalah :
10 kg bonggol pisang/rebung bambu
2 lt air leri
2 lt air kelapa
tetes tebu/gula/berenuk/maja  20% dari total bahan

Cara Pembuatan :
Bonggol pisang (Ambil pisang yang belum berbuah)/rebung bambu muda di tumbuk sampai halus kemudian campurkan air kelapa, air leri dan tetestebu di aduk sampai rata.
Masukkan campuran tadi ke dalam derigen (system aerob) pada tutup botol di beri lobang untuk memasukkan selang sebagai proses aerobnya. Ujung selang yang satu masuk pada derigen yang berisi pupuk cair dan satu ujungnya masuk ke botol yang berisi air.
Proses di biarkan selama 2 minggu.

Ciri-ciri pupuk cair jadi yaitu : bau pupuk cair mendekati bau tape, atau agak kecut, bukan bau yang kurang sedap. Jika yang muncul bau kurang sedap berarti ada proses yang bocor pada saat pembuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...