Kamis, 10 Agustus 2017

METODE QUANTUM TEACHING

PRINSIP, TEKNIK BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN


Latar Belakang

Quantum Teaching merupakan konsep yang diturunkan dari Quantum Learning yang mempunyai motto membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Dari konsep Quantum Learning dalam dunia bisnis disebut Quantum Bisnis. Begitu pula konsep Quantum Learning yang akan diterapkan dalam belajar mengajar maka dibentuklah Quantum Teaching.
Quantum Teaching merupakan sebuah strategi untuk mempraktikkan Quantum Learning di ruang kelas yang pembelajaranya dapat menghemat waktu, mempertajam pemahaman dan daya ingat serta membuat belajar menjadi menyenangkan.


Rumusan Masalah
Apa pengertian  metode quantum teaching?
Bagaimana prinsip dan teknik metode quantum teaching?
Apa saja kelebihan dan kekurangan metode quantum teaching?


Pembahasan
Pengertian Metode Quantum Teaching

Quantum teaching merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk menunjang keberhasilan yang berkaitan dengan perbedaan, interaksi serta aspek-aspek yang dapat memaksimalkan pembelajaran. Model pembelajaran quantum teaching terdiri dari dua tahap, antara lain:
Tahap pertama (konteks)
Tahap pertama yaitu tahap persiapan sebelum terjadi interaksi didalam kelas. Tahap pertama memiliki empat aspek, yaitu:
Suasana
Landasan
Lingkungan
Rancangan
Tahap kedua (isi)
Tahap kedua merupakan tahap pelaksanaan interaksi belajar yang meliputi:
Presentasi
Fasilitas
Keterampilan belajar
Keterampilan hidup


Prinsip dan Teknik Metode Quantung Teaching
Metode quantum teaching akan membantu siswa dalam menumbuhkan minat untuk terus belajar dengan semangat. Dalam metode quantum teaching bahasa tubuh sangat ditekankan dalam pembelajaran seperti tersenyum, bahu tegak, mengadakan kontak mata dengan siswa. Guru tidak dianjurkan duduk manis diatas kursi dengan raut muka tanpa ekspresi dan terpaku dengan buku teks yang dimiliki sehingga mengesankan suasana belajar menakutkan.
Menurut Bobbi Deporter ada lima prinsip utama dalam metode quantum teaching, yaitu:
Segalanya berbicara
Semua berawal dari lingkungan kelas sampai bahasa tubuh, kertas yang dibagikan dan bahan pelajaran lainnya harus menyampaikan pesan tentang belajar.
Segalanya bertujuan
Semua aktivitas yang dilakukan oleh guru hendaknya tidak lepas dari tujuan. Guru boleh menyampaikan tujuan yang diinginkan kepada siswa atau tidak menyampaikan tergantung situasi dan kondisi.
Pengalaman sebelum pemberian nama
Siswa dianjurkan untuk mencari sebanyak mungkin informasi mengenai materi yang akan diajarkan di kelas.
Akui setiap usaha
Guru hendaknya menghargai semua usaha yang dilakukan siswa sekecil apapun usaha itu.
Jika layak dipelajari, layak pula dirayakan
Guru harus memberi pujian pada siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung dan selalu berprestasi. Guru hendaknya merayakan dengan memberi tepuk tangan, memberi hadiah atau dengan perkataan seperti “bagus”.
Quantum teaching memberikan teknik pembelajaran yang memberdayakan potensi siswa. Teknik tersebut antara lain:
Tenik AMBAK
AMBAK merupakan singkatan dari “apa manfaat bagiku”. Tenik ini menekankan perasaan dalam diri siswa bahwa apa yang mereka pelajari akan memberikan manfaat yang besar. Penjabaran teknik AMBAK sebagai berikut:
A: Apa manfaat bagiku
Dalam pembelajaran ini guru hanya memberikan pengarahan kemudian siswa melakukan pengamatan. Misalnya pelajaran tentang akhlak, guru hanya menjelaskan prinsip dari akhlak-akhlak tersebut kemudian siswa dibawa ke sebuah pasar dan mengamati interaksi yang ada di pasar.
M: Manfaat
Terkadang guru lupa menjelaskan manfaat yang diperoleh dari pelajaran yang diajarkan. Contohnya pelajaran tentang wundhu. Guru hanya menjelaskan syarat sah dan rukun wundhu. Dalam hal ini siswa akan tertantang untuk mempelajari semua hal dengan lebih mendalam.
BAK: Bagiku
Manfaat apa yang diperoleh siswa di kemudian hari. Misalnya pelajaran tayamum. Bagi siswa yang berada didaerah dengan pasokan air yang melimpah, pelajaran tayamum tidak begitu berarti tetapi guru harus bisa menjelaskan cara bersuci dengan tayamum karena dikemudian hari akan bermanfaat, ketika sedang sakit yang tidak diperbolehkan terkena air atau ketika dalam perjalanan.
Teknik TANDUR
TANDUR ditunjukkan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar sehingga proses penyampaian materi dapat berjalan dengan baik. Teknik TANDUR yakni:
T: Tumbuhkan
Tumbuhkan minat siswa dengan memuaskan “Apa manfaatnya bagiku” dan manfaatnya bagi kehidupan mereka. Dengan demikian seorang guru tidak hanya memposisikan dirinya sebagai pentransfer ilmu pengetahuan saja tetapi sebagai fasilitator, mediator dan motivator.
A: Alami
Masing-masing siswa memiliki kemampuan yang berbeda. Dalam hal ini guru memberikan pengalaman yang dapat dipahami semua siswa. Guru harus menciptakan suasana yang alami tanpa membedakan antara siswa yang satu dengan yang lain.
N: Namai
Guru harus memberikan pengantar materi yang akan disampaikan. Selain itu, guru harus bisa memberikan kata kunci terhadap materi yang dianggap sulit. Dengan demikian semua materi yang sulit akan menjadi mudah.
D: Demostrasikan
Berikan kesempatan kepada siswa untuk “menunjukkan bahwa mereka tahu”. Hal ini dilakukan dengan memberikan mereka kesempatan untuk mempraktikkan apa yang telah mereka terima.
U: Ulangi
Pengulangan materi dalam suatu pelajaran akan membantu siswa mengingat materi yang telah diajarkan.
R: Rayakan
Rayakan dapat dilakukan dalam bentuk pujian, memberikan hadiah dan tepuk tangan. Hal ini bertujuan agar siswa termotivasi.
Kelebihan dan kekurangan Quantum Teaching
Kelebihan Quantum Teaching
Selalu berpusat pada apa yang masuk akal bagi siswa.
Adanya kerjasama.
Belajar terasa menyenangkan.
Meningkatkan motivasi.
Kekurangan Quantum Teaching
Memerlukan persiapan yang matang bagi guru.
Memerlukan fasilitas yang memadai.
Model ini banyak dilakukan di luar negeri sehingga kurang beradaptasi dengan kehidupan di Indonesia.
Kurang mengontrol siswa.
Kesimpulan
Pengertian Metode Quantum Teaching
Quantum teaching merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan, untuk menunjang keberhasilan yang berkaitan dengan perbedaan, interaksi serta aspek-aspek yang dapat memaksimalkan pembelajaran.
Prinsip dan Teknik Metode Quantung Teaching
Menurut Bobbi Deporter ada lima prinsip utama dalam metode quantum teaching, yaitu:
Segalanya berbicara
Segalanya bertujuan
Pengalaman sebelum pemberian nama
Akui setiap usaha
Jika layak dipelajari, layak pula dirayakan
Quantum teaching memberikan teknik pembelajaran yang memberdayakan potensi siswa. Teknik tersebut antara lain:
Tenik AMBAK
Teknik TANDUR
Kelebihan dan kekurangan Quantum Teaching
Kelebihan Quantum Teaching
Selalu berpusat pada apa yang masuk akal bagi siswa.
Adanya kerjasama.
Belajar terasa menyenangkan.
Meningkatkan motivasi.
Kekurangan Quantum Teaching
Memerlukan persiapan yang matang bagi guru.
Memerlukan fasilitas yang memadai.
Model ini banyak dilakukan di luar negeri sehingga kurang beradaptasi dengan kehidupan di Indonesia.
Kurang mengontrol siswa.



DAFTAR PUSTAKA
Muhammad Fathurrohman, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jogyakarta:  Ar-Ruzz, 2015.
Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rafika Aditama, 2013.
http://www.google.com/makalah-Quantum-teaching.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...