Jumat, 04 Agustus 2017

Kaliandra sebagai pengendali OPT

Segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan untuk bekerjasama dan saling membutuhkan, seperti matahari yang membutuhkan siang, dan bulan yang selalu menanti malam. Begitu pula hewan yang membutuhkan tanaman untuk makananya.

Banyak sekali macam tanaman yang bisa dijadikan pakan ternak, termasuk tanaman yang akan kita bahan kali ini. Dan yang paling menarik adalah tanaman tersebut bisa digunakan sebagai pengendali OPT;

KALIANDRA

Kaliandra adalah marga sekelompok tumbuhan berbuah polong (legum), dengan anggota sekitar 200 jenis. Bentuknya berupa pohon berukuran sedang dengan bunga tersusun majemuk.

Kaliandra merupakan tanaman perdu yang mempunyai batang berkayu, bertajuk lebat, dapat mencapai tinggi hingga 45 meter dan mempunyai perakaran yang dalam hingga 1,5 meter sampai 2 meter. Tanaman ini juga mampu tumbuh di semua jenis tanah, tahan pangkasan, cepat bersemi dan lebat.

Sistem perakaran tanaman kaliandra dapat membentuk bintil akar, bintil akar ini dapat menyerap nitrogen dan menjadikan tanah subur. Salah satu jenis kaliandra yang paling di kenal adalah jenis kaliandra bunga merah (calliandra calothyrsus).

Sasaran OPT;
Belalang

Bahan yang dibutuhkan;
- 500g Daun atau kulit kaliandra
- 1lt air
- alat penumbuk/blender

Cara pembuatan;
Cincang/cacah daun atau kulit kaliandra, masukan kedalam botol/drigen yang di isi air. Kemudian diamkam semalam, dan saring ambil airnya.

Cara penggunaan;
Larutan di semprotkan pada tanaman yang terserang hama pada pagi hari, atau malam hari. Dosis 50 ml/lt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...