Sabtu, 26 Agustus 2017

Embun upas/embun beku

Kenapa embun Beku dapat merusak tanaman??

Setelah bercerita tentang apa, bagaimana embun beku/upas terjadi, sekarang saya akan mencoba menjelaskan kenapa embun tersebut dapat merusak dan membunuh tanaman. Terutama tanaman pertanian.

Pada umumnya tanaman pertanian merupakan tanaman semak yang tidak terlalu tinggi. Perlu kembali diingat bahwa suhu udara di pagi hari sedang dalam proses tranformasi. Suhu yang berada dekat dengan permukaan bumi pasti lebih dingin dibandingkan suhu di udara.

Dalam kondisi ini, embun beku yang menempel pada daun-daun akan membuat kacau system fisiologis tanaman. Sel-sel tanaman yang tertempel embun beku tidak dapat melakukan fungi fisiologisnya. Regulasi akan terganggu karena cairan sel membeku.

Proses fotosintesis tanaman juga akan terhambat. Dampaknya, setelah embun itu mencair tanaman akan layu dan mengalami kematian. Apalagi jika embun beku ini dapat bertahan berjam-jam. Dapat dipastikan seluruh tanaman pertanian akan mengalami kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...