Selasa, 29 Agustus 2017

MOL dan ROTAN

MOL adalah micro organisme lokal yg pembuatanya menggunakan bahan baku dari buah-buahan segar ditambah bakteri dari perangkp bakteri yang bisa kita ambil dari lingkungan tanah itu sndiri. Karena pada dasarnya pertanian organic itu berasal dan kembali dari lingkungan itu tersebut (dari alam kembali ke alam).

ROTAN (ramuan organic tanaman) sama seperti MOL tetapi bakteri yang di ambil dari bantuan rumen hewan. Makanya di pembahasan ini saya ingin mengganti pola pikir kita yang biasa menggunakan EM4 beralih membuat MOL dari alam dan lingkunan kita sendiri.

Mikro Organisme Lokal (MOL) adalah cairan yang terbuat dari bahan-bahan alami yang disukai sebagai media hidup dan berkembangnya mikro organisme yang berguna untuk mempercepat penghancuran bahan-bahan organik atau sebagai dekomposer dan sebagai aktivator/ atau tambahan Nutrisi bagi tumbuhan yang disengaja dikembangkan dari mikro organisme yang berada di tempat tersebut.

Bahan-bahan tersebut diduga berupa zat yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman (fitohormon) seperti : giberlin, sitokinin, auxin, dan inhibitor.

Tujuan MOL;
1. Untuk mengembangkan biang penghancur bahan organik (dekomposer) 

2. Menambah aktivasi tumbuhan dan tambahan nutrisi bagi tanaman

Syarat terbentuknya MOL;
1. Bibit/ Media bakteri yang berasal dari bahan-bahan alami
2. Makanan dalam bentuk glukosa (Gula dan air kelapa)
3. Makanan dalam bentuk Karbohidrat

Manfaat MOL;
1. Sebagai starter dalam proses dekomposisi bahan organik
2. Sebagai starter untuk pupuk organik cair bagi tanaman
3. Penyedia nutrisi bagi tanaman
4. Membantu kelancaran penyerapan unsur hara/ nutrisi oleh akar tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...