Rabu, 30 Agustus 2017

Sambiloto sebagai pengendali OPT

Masa kecil adalah masa yang bahagia, walau sebenarnya pada masa itu adalah masa yang serba sulit. Hal itu mengingatkanku ketika sakit. Belum ada obat-obatan seperti saat ini. Ibuku selalu memberiku jamu dari rebusan dedaunan.

Rasanya benar-benar pahit. Sampai-sampai rasanya menjadi kisah klasik yang menyenangkan bila diingat. Ya, dedaunan obat-obatan ternyata juga bisa sebagai pengendali OPT, dan jujur bahwa tanaman satu ini andalan saya.

SAMBILOTO

Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Tumbuhan ini tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut.

Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama.

Sasaran OPT;
Kutu daun, trips, kutu kebul

Bahan yang dibutuhkan;
- 2 kg tanaman sambiloto segar
- 10 gram bubuk cabai merah
- 1 liter urine sapi
- 250 ml Air

Cara pembuatan;
Hancurkan tanaman sambiloto, tambahkan 250 ml air. Tambahkan urine sapi dan cabai merah.

Cara pemakaian;
Encerkan larutan dengan 10 liter air. Biarkan beberapa saat. Saring. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang hana pada pagi atau sore hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...