Sabtu, 12 Agustus 2017

Lenglengan sebagai pengendali OPT

Betapa murahnya biaya hidup sehat. Hanya saja yang sulit itu adalah kemalasan agar senantiasa setia untuk mengatur pola hidup yang memenuhi standar kesehatan.

Sakit itu memang mahal, tetapi untuk mendapatkan obat secara herbal tidaklah mahal. Salah satu contohnya adalah tanaman berikut ini. Selain bisa sebagai obat herbal, tanaman ini berfungsi sebagai pengendali OPT;

LENGLENGAN

Lenglengan banyak yang tumbuh liar di tanah kering sepanjang tepi jalan, tanah terlantar dan kadang ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat. Secara umum, lenglengan dikategorikan sebagai tanaman terna semusim yang tumbuh tegak dengan tinggi antara 20 hingga 60 cm.

Lenglengan mempunyai batang berkayu dan berbuku-buku yang bentuknya segi empat, bercabang, berambut halus, warnanya hijau. Tanaman lenglengan memiliki daun tunggal yang letak berhadapan dan bertangkai. Helaian daun bentuknya lanset, ujung dan pangkainya runcing, tepi bergerigi, dengan panjang sekitar 1,5 hingga 10 cm, lebar 2-10 mm, warnanya hijau muda.

Lenglengan mempunyai bunga yang kecil-kecil dan warnanya putih berbentuk lidah, yang tumbuh tersusun dalam karangan semu yang padat. Lenglengan memiliki buah batu yang warnanya coklat. Selain itu, lenglengan mempunyai biji bulat dan berukuran kecil yang warnanya hitam.

Sasaran OPT;
Berbagai macam ulat

Bahan yang dibutuhkan;
- 50 g lenglengan
- 1 lt air
- 200 ml urine sapi
- Alat Penumbuk/Blender
- Saringan

Cara pembuatan;
Lenglengan ditumbuk halus, campur dengan urine sapi, kemudian rendam dalam 1 liter air selama 24 jam. Saring

Cara pemakaian;
Tiap 100 ml ekstrak campur dengan 1 liter air. Semprotkan pada seluruh tanaman yang terserang ulat pada pagi hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...