Kamis, 20 Juli 2017

Bakteri Asam Laktat

Istilah bakteri asam laktat (BAL) mulanya ditujukan hanya untuk sekelompok bakteri yang menyebabkan keasaman pada susu (milk-souring organisms). Secara umum BAL didefinisikan sebagai suatu kelompok bakteri gram positif, tidak menghasilkan spora, berbentuk bulat atau batang yang memproduksi asam laktat sebagai produk akhir metabolik utama selama fermentasi karbohidrat.

Efek bakterisidal dari asam laktat berkaitan dengan penurunan pH lingkungan menjadi 3 sampai 4,5 sehingga pertumbuhan bakteri lain termasuk bakteri pembusuk akan terhambat (Amin dan Leksono, 2001). Pada umunya mikroorganisme dapat tumbuh pada kisaran pH 6-8 (Amano,1962).

Berdasarkan taksonomi, terdapat sekitar 20 genus bakteri yang termasuk BAL. Beberapa BAL yang sering digunakan dalam pengolahan pangan adalah Aerococcus, Bifidobacterium, Carnobacterium, Enterococcus, Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, Oenococcus, Pediococcus, Streptococcus, Tetragenococcus, Vagococcus, dan Weissella.

Contoh produk makanan yang dibuat menggunakan bantuan BAL adalah yogurt, keju, mentega, sour cream (susu asam), dan produk fermentasi lainnya.

Cara mendapatkan bakteri asam laktat dari Kacang Buncis

BAHAN:
1 kg Buncis
1 ons Gula merah /putih 1

ALAT:
Blender
Botol steril

CARANYA:
Kacang buncis dikukus, tambhkan sdikit gula lalu diblender.
Waktu Jus buncis hangat, tuangkan ke dalam botol..
Tutup botol lalu disimpan dalam kulkas selama 7 s/d 14 hari.
Selama disimpan cairan dan padatan dalam botol akan terpisah. Cairan dlam botol adalah BAKTERI ASAM LAKTAT Murni.

Metode ini bermanfat untuk memisahkan Bakteri Asam Laktat yang dapat hidup pada suhu 100 derajat C

Aplikasi:
1 cc BAL diencerkan dgn 1 liter air.
Kocorkan atau semprotkan ke tanah.

Pengaplikasian pada musim hujan dapat meningkatkan kekebalan tanaman. Caranya tambahkan BAL dengan IMO2 dan siram pada tanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...