Minggu, 09 Juli 2017

Menanam dengan media pasir

Banyak hal yang menyenangkan disekitar kita termasuk menanam. Namun jika terkendala keadaan yang tidak tersedianya media tanam, hal itu menjadi tantangan tersendiri.

Kali ini kita akan berbagi pengalaman bagaimana menyiapkan media tanam di daerah pesisir pantai.

Bahan untuk metan:
- Pasir.
pasir harus dicuci dan dibilas air agar kandungan garamnya hilang. Karena kadar garam akan menghambat berkembangnya akar dan menyebabkan mati. Makanya harus bebas dari garam. Bila di jilat tidak asin berarti sudah bisa digunakan.
- Sekam.
Sekam seperti biasanya bisa mentah, dan bisa  bakar. Namun lebih bagus sekam bakar. Hal ini bisa meminalis adanya bakteri yang merugikan.
- Kotoran hewan yang sudah jadi.

Persiapan metan sudah selesai, namun terkendala cuaca yang panas dan keadaan lingkungan menjadikan tidak semua tanaman bisa kita tanam. Misalnya menanam seledri pada pasir. Hasilnya kurang maksimal.

Inti dari uraian diatas jelaslah bahwa menanam perlu mengetahui karakteristik dan sifat-sifat tanaman. Tanaman yang cocok di dataran tinggi belum tentu cocok di dataran rendah.

Mungkin semua tanaman bisa kita tanam, tapi tidak semua yang kita tanam bisa membuahkan hasil yang maksimal. Namun hasil yang lebih besar adalah nilai kepuasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...