Kamis, 20 Juli 2017

Whitefly dan mealybug

Terimakasih kepada para master-master yang dengan ikhlas berbagi informasi mengenai POC dan media tanam, sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula.

Maka dari itu disini saya tidak membahas tentang hal diatas, tapi mengenai masalah seputar hama.

Ada beberapa hal yang perlu diluruskan tapi jangan terlalu lurus, ntar bisa nabrak. Yaitu masalah hama. Hama adalah serangkaian organisme yang membutuhkan perhatian khusus terhadap tanaman. Mereka juga butuh makan seperti kita. Karena rantai makananya terputus, maka dia mencari makan di tanaman kita.

Ada serangkaian hama yang menjadi sorotan selalu mendapatkan tudingan jika dia pelakunya. Namun tudingan itu tak selalu benar. Oleh karena itu disini kita akan membedakan antara 2 macam hama yang biasanya berada pada tanaman tomat dan cabai.

1. Whitefly / Kutu kebul

Whitefly adalah serangkaian organisme yang menyerang pada bagian bawah daun pada tanaman seperti cabai, tomat. Bentuknya seperti kupu-kupu kecil (klaper) bersayap dan berwarna kuning pada usia mudanya.
Bila tanaman digoyang-goyangkan, dia akan beterbangan seperti ketombe (pengalaman pribadi).
Dia mengeluarkan cairan manis yang disukai semut. Tanaman yang terinfeksi whitefly daunya akan mengkerut (keriting), dan organisme ini dapat mengakibatkan virus gemini.

2. Mealybug.

Melihat dari namanya, saya kira sahabat kecilku, namun ternyata aku salah. Dia tidak sekeren ladybug yang orang kira cewek mol. Xixixi,
mealybug adalah sejenis kutu berwarna putih yang hinggap di tanaman tomat dan cabai. Mealy tidak hanya membuat beskem di daun, tapi juga berpatroli di batang, dahan sampai buah.
bentuknya bulat kecil berkaki banyak, dan kulitnya seperti pakai bedak berwarna putih. Dia juga mengeluarkan cairan manis yang disukai semut. Gambar dibawah

Nah ini sedikit pengertian yang perlu kita bahas disini, soalnya pestisida yang kita buat nanti berhubungan dengan hewan mungil ini. Agar tidak asing terhadap hama satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...