Rabu, 05 Juli 2017

Kalium

Di dunia ini, kamu tidak dapat hidup sendiri. Kamu selalu membutuhkan seseorang yang bisa menenangkanmu dalam segala situasi, yaitu sahabat (kutipkata, 2014). Namun sering kali perdebatan memecah belahkan itu semua. Ridlwan menjelaskan bahwa Perubahan sikap itu sebenarnya adalah ujian menuju kedewasaan (Ridlwan, 2002)

Daun yang lurus menjadi keriting bukan karena tanpa sebab, meski tak ada hama disekitarnya. Salah satunya adalah faktor Kalium.

Kali ini kita akan membahas tentang KALIUM.

Kalium merupakan unsur hara paling penting selain Nitrogen dan Phospor. Fungsi utama kalium adalah  mempercepat proses metabolisme protein dan amino pada tanaman  sehingga di dapat kwalitas yang lebih baik.

Kekurangan kalium pada tanaman akan memicu terjadinya penguningan daun, terutama pada bagian pinggir. Menguningnya daun biasanya bersamaan dengan menguningnya jaringan di antara tulang daun, kemudian terjadi pengerutan pada jaringan-jaringan yang telah menguning alias keriting.

Selain itu, kekurangan unsur K juga menyebabkan tanaman tumbuh kerdil dan mudah rebah seperti perasaan ini. Hehehe

Akibat kelebihan kalium pada tumbuhan adalah terhambatnya proses pertumbuhan tanaman karena terjadinya ikatan N-K yang mengakibatkan sulitnya penyerapan unsur nitrogen oleh tanaman.
Sehingga;
-menjadikan daun kaku,
-pematangan buah kurang sempurna (cepat namun suka pecah pecah)
- kurangnya produktifitas bunga
- batang kurang kuat suka terinfeksi penyakit
- lama pematangan bunga ke buah .

Sumber hara kalium (K) terdapat juga pada gipsum, batuan fosfat, super fosfat, dan ca-cyanamide. Selain itu, terdapat juga pada sisa-sisa tanaman, pupuk kandang, dan kelapa.

Jadi lebih mudahnya kalium, ingat huruf K

Keriting - Kalium - Kelapa
Kalium - Kelapa - Keriting
Kelapa - Keriting - Kalium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang hebatnya mengaji

Tentang hebatnya mengaji Ilmu Agama laksana air hujan menembus bumi, orang alim yang mengamalkan ilmunya laksana bumi yang subur. Orang yang...